#under_header{ float:left; width:100%; } #under_header1{ float:left; width:25%; } #under_header2{ float:left; width:25%; } #under_header3{ float:left; width:25%; } #under_header4{ float:right; width:25%; }

Senin, 06 Agustus 2012

Bobok knalpot kang Jaya

BAGI komunitas motor, knalpot Bobokan atau Belekan, terkadang menjadi pilihan utama untuk meningkatkan performa kuda besi tunggangan. Tentunya, dari sisi kecepatan laju kendaraan layaknya di sirkuit. Dan suara yang besar adalah ciri khas knalpot jenis itu.
Knalpot sedang 'dikerjai' staf Jaya..Knalpot sedang 'dikerjai' staf Jaya..Bobok atau semacam membongkar bagian dalam  knalpot motor supaya bisa menghasilkan gas buang yang optimal. Umumnya, menggunakan knalpot orisinil bawaan dari pabrik yang kemudian di ‘racik’ ulang di bengkel-bengkel khusus knalpot.
Bagi Jaya (53) yang memiliki kios ‘kaki lima’ khusus knalpot bobokan di kawasan Jl Slamet Riyadi IV Kebon Manggis Jakarta Timur. Berkecimpung di dunia motor membuatnya harus mengasah keterampilan khusus soal knalpot. Tentu, ketrampilannya pada salah satu sparepart motor tersebut sangat berguna demi menyambung hidup di kota Jakarta.
Knalpot bobokan yang dipasarkan..Knalpot bobokan yang dipasarkan..Menurutnya, membongkar segala macam jenis knalpot motor. Mulai dari motor bermesin 2 tak maupun 4 tak hingga motor matic, sudah menjadi makanan keseharian dengan segala macam tingkat bobokan. Atau ‘settingan’ yang bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan.
Dan para ‘pasien’ yang kerap kali menggunakan jasa bongkar pasang knalpot miliknya, umumnya datang dari kalangan anak muda.“Kalau orang tua biasanya mereka malu dan lebih memililih kondisi motor apa adanya. Kalau anak-anak muda ini yang banyak maunya,” ungkap Jaya.
Jeli menangkap peluang bisnis yang ada di depan mata, Jaya-pun menawarkan jasa dengan harga yang jauh lebih murah dengan harga yang dipatok oleh bengkel-bengkel  ‘paten’ atau bengkel permanen yang memiliki tempat usaha berkelas.
Hasilnya diyakini memuaskan..Hasilnya diyakini memuaskan..Rata-rata, Jaya memasang tarif sekitar Rp 65.000,- dan menurutnya berbeda dengan toko kebanyakan yang biasa mematok tarif hingga Rp130.000-an sekali bongkar. Maklumlah, usaha kecilnya ini hanya ‘kaki lima.’
Walaupun demikian, ia merasa kualitas bongkar pasang yang dilakukannya tidak kalah garang dengan kualitas bengkel-bengkel yang ada di pertokoan atau ruko-ruko besar di Jakarta. “Kalau kemungkinan knalpot yang saya bobok itu gagal, tipis-lah,” ucapnya meyakinkan.
“Dari suara knalpot kita juga bisa sesuaikan dengan kemauan pelanggan, ada yang ingin suaranya garang. Ada yang ingin suaranya bulat, ada juga yang pengen suaranya cempreng, itu bisa diaturlah! Kalau belum puas dengan suaranya bisa balik ke sini lagi,” jelasnya.
Knalpot hasil racikan/ istKnalpot hasil racikan/ istLas karbit yang membantunya itupun dipilih karena biayanya lebih murah dibandingkan las listrik. Namun, katanya, dalam hal daya tahan bisa disandingkan sejajar.
Begitupun peralatan standar bengkel yang ‘pas-pasan’ namun sudah dianggap cukup lengkap serta diyakini tidak akan mengecewakan para bikers muda yang menjadi konsumen tetapnya.
Dengan dibantu tiga orang anak buah yang dididik untuk mengenal karakter setiap jenis motor terlebih dahulu itu, Jaya kian optimis dengan usaha kecil yang dirintisnya. Sebab, selama kalangan komunitas motor makin menjamur, selama itulah bisnisnya akan sanggup dan terus bertahan.

9 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih kang jaya,atas infonya....

Unknown mengatakan...

oke oke :)

Anonim mengatakan...

Asslmlkm kang Jaya..., kapan2 ane mampir ya...hampir tiap hari lewat situ tp waktunya dah sore banget (dah mau tutup), kalo bobokan yg udah jadi info harganya dong kang...buat mtr satria FU ?? thx wasslm (Dony)

Unknown mengatakan...

kang jaya mau nanya kalo ngebobok knalpot ninja rr harganya berapa kang jaya ?

klo boleh minta nomer hpnya kang jaya ?

di tunggu jawabanya..

Unknown mengatakan...

waduh disini saya hanya mempromosikan saja.. saya tidak tahu nomornya kang jaya.. kalo mau dateng kebengkel kang jaya saja

jual mesin las mengatakan...

info yg menarik, keep posting :)

Unknown mengatakan...

ini lokasinya dimana gan ?

Unknown mengatakan...

Ini di daerah mana kang?

Unknown mengatakan...

Ini di daerah mana kang?

Posting Komentar