#under_header{ float:left; width:100%; } #under_header1{ float:left; width:25%; } #under_header2{ float:left; width:25%; } #under_header3{ float:left; width:25%; } #under_header4{ float:right; width:25%; }

Rabu, 08 Agustus 2012

Knalpot Standar Bobok VS Beli Jadi, Mana Lebih Hemat?


 Knalpot Standaran AHRS
Penyuka adu kebut jalanan, banyak yang mempertahankan knalpot standar namun punya performa tinggi. Ada yang dibobok dan ada pula yang beli jadi tapi tampilan tetap standar.   

Kalau pakai knalpot racing, mereka kerap ditilang polisi karena dianggap  berisik. Sehingga menimbulkan keresahan. “Solusinya banyak yang dibobok,” jelas Misjaya alias Gondrong, pengrajin knalpot merek SKR.

Terutama pengguna motor matik. Mereka umumnya lebih mempertahankan tampilan knalpot standar. Makanya, di arena balap liar ada kelas standaran.

Pipa buang standar dibobok, beberapa sekat dibuang. Atau ada yang dibuat lebar lubangnya. Agar pembuangan menjadi lebih lancar. Sesuai dengan karekter setingan yang dimau. 

Sebagai contoh yang paling banyak diminati ABG dan anak sekolahan. Kebanyakan mereka maunya mesin standar. Namun suara knalpot lebih nyaring dan menggema dengan performa yang tentunya juga ikutan meningkat.

“Kalau mesin standar, cukup dibobok aja. Tanpa harus dibarengi dengan ganti leher knalpot. Cocoknya untuk trek pendek dalam kota,” jelas Gondrong dari markasnya di Jl. Raden Patah No. 90, Pasar Lembang, Ciledug, Tangerang.

Seting kejar akselerasi ini, harga yang dipatok juga tidak terlalu tinggi. “Paling mahal hanya 125 ribu. Bisa nego dan motornya dibawa ke bengkel,” sebut Gondrong yang memang gondrong itu.

Berbeda lagi jika kepingin buat trek rada panjang namun mesin tetap standar. “Selain dibobok, dianjurkan ganti leher knalpot. Agar nafas atas lebih teriak,” jelas lelaki asli Banten bagian selatan alias pinggir pantai selatan ini.


 Asep Hendro. Suara halus, power gede
Untuk yang main bobok dan ganti leher ini lebih mahal memang. Karena ada dua pengerjaan. Paling mahal Rp 200 ribu. Harga ini juga berlaku di beberapa pengrajin pipa buang pinggir jalan.

Satu lagi, yang banyak diminati pecinta kelas standaran di balap liar. Biasanya kapasitas mesin matik sudah di atas 200 cc. Knalpot standar hanya jadi kondom.

Artinya di dalam knalpot standar ada isinya. Yaitu diisi knalpot racing. Rasanya juga sudah pasti racing abis. Kalo dibedah, jangan aneh kalau di dalamnya ada dua silencer. Bagian luar standar, namun di dalamnya silencer racing.

Harga bikin kondom untuk saluran buang ini memang lumayan mahal. Ongkosnya bisa di kisaran Rp 250-300 ribu. Lumayan.

Merek Beken Ikut Bikin

Maraknya pemakaian knalpot standaran membuat produsen knalpot beken bin terkenal ikut melirik dan juga bermain. Seperti produsen AHRS yang yang juga ikut memproduksi pipa buang yang dikasih nama Silent High Power.

Tampilan memang seperti knalpot standar. Namun sudah dibikin lebih bagus karena plastik peredam panas yang digunakan dibuat berbeda. “Suara adem namun tenaga yang dihasilkan mesin bisa lebih besar,” promosi Asep Hendro, juragan AHRS. 

Di pasaran, pipa buang standaran keluaran AHRS ini dijual Rp 450 ribu. Namun meski dibanderol lebih mahal, dipastikan tidak akan merusak knalpot standar bawaan pabrik. Sehingga bisa dikembalikan seperti aslinya kalau memang sudah bosan. Apalagi harga pipa buang standar bisa di atas Rp 300 ribu. So, pilihan ada di tangan Anda!   (motorplus-online.com)

Rangkaian Lampu LED Untuk Sepeda Motor (12 Volt Battery)

Lampu jenis LED memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan lampu biasa ketika diterapkan pada sepeda motor. Selain baterai yang lebih efisien bila dibandingkan dengan lampu hologen biasa, LED juga memiliki beberapa keuntungan lainnya, seperti cahaya lebih merata dan memberikan kesan mewah pada kendaraan.
Berikut ini adalah contoh kreasi sederhana yang dapat Anda terapkan untuk menghias sepeda motor Anda menggunakan LED.


Lampu LED Untuk MotorRangkaian Lampu LED Untuk Motor
Untuk sirkuit ini direkomendasikan hanya sebagai pengganti sepeda motor lampu rem atau lampu kota dengan sumber listrik dari baterai. Memang di pasar telah tersedia banyak variasi lampu LED yang dapat digunakan sebagai lampu rem atau lampu disko, tapi mungkin beberapa orang akan bangga jika kreatifnya sendiri, mudah-mudahan skema rangkaian yang saya sajikan di atas dapat membantu Anda dalam menciptakan.

Berikut contoh aplikasi yang saya terapkan ke motor mio.


Lampu LED Untuk Motor
Lampu LED Untuk Motor


Referensi : http://elektroarea.blogspot.com

Wabah baru pengganti sirbo (sirine-strobo)

Artikel ini tidak untuk menggurui ataupun menyalahkan pengguna, hanya sekedar berbagi pengetahuan saja. Keep brotherhood…

Hebohnya debat soal sirbo (sirine-strobo) di berbagai forum akhirnya berimbas pada pencopotan atribut resmi pihak berwajib itu. Ya iya-lah, wong salah. Bukan haknya, juga bukan pada tempatnya.
Beberapa waktu lalu, pas lagi riding di seputaran Malang, eh, ketemu sekelompok bikers , gak tau klub ato apalah, lagi riding juga alias konvoi. Uniknya, mereka gak pake sirine, strobo, stik nidji dkk. Acung jempol buat pe-nonaktifan perangkat itu. Masalahnya, justru yang dipakai lampu hazard, alias lampu darurat. Buat yang belum tahu, itu lho, lampu sein yang kedip-kedip bersamaan. Biasanya ditemui ada kendaraan R4 alias mobil.

Aplikasi ini, dulu banget sempat populer di kalangan klub motor. Yah, mungkin sekitar tahun 90an sampe 2000an. Maklum, sirbo dkk saat itu belum populer (atau belum ada yang berani pakai :mrgreen: ). Sampe ada yang buka jasa, modifikasi sein jadi lampu hazard dengan berbagai mode, kedip bareng, kedip 2x bergantian dan beberapa variasi kedipan dengan menambahkan modul elektronik dan relay.

Kembali ke soal hazard, saia pribadi gak sependapat deh kalo dipakai isyarat pas turing klub. Sebetulnya, merujuk ke fungsi sebenarnya, lampu hazard adalah lampu yang khusus digunakan ketika sebuah mobil atau kendaraan sedang mengalami masalah (wikipedia). Jadi fungsi sebenarnya adalah memberikan tanda adanya situasi yang (mungkin) membahayakan pengendara lain, yang diakibatkan kendaraan yang menyalakan lampu hazard. Bisa jadi mogok atau berbagai hal lainnya.
Penggunaan lampu hazard (Lampu Peringatan Bahaya) hanya
dikhususkan pada kondisi Darurat dan kendaraan dalam keadaan berhenti sesuai UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas pada Pasal 121 Ayat 1. Lalu, kenapa saat dalam posisi berjalan kendaraan dilarang menghidupkan lampu Hazard?
Pertama, Lampu Hazard akan membuat pandangan pengemudi dibelakang kita terganggu alias merusak konsentrasi.
Kedua, bila Pengemudi menggunakan lampu hazard pada saat berjalan maka pengemudi tidak akan bisa memberikan isyarat kepada kendaraan dibelakangnya bila akan berpindah lajur, berbelok atau berputar dan itu melanggar UU No. 22 Tahun 2009 pada pasal
112 ayat 1 dan 2 dimana dengan jelas diatur bahwa Pengemudi wajib memberikan isyarat dengan lampu pemberi isyarat pada saat akan berbelok, berpindah lajur, dan berputar arah.
Jelas sudah, kalo menyalakan lampu hazard saat riding berkelompok itu salah. Selain melanggar peraturan, juga malah membahayakan pengguna jalan lain.

Yang bikin sedikit senyum dalam hati, kembali ke pengertian awal lampu hazard yaitu memberikan peringatan bahaya. Kalo klub, atau konvoi motor menyalakan lampu hazard, berarti mereka memposisikan diri sebagai bahaya dong, buat pengguna jalan yang lain?? Bener nggak?? :lol:
Semoga berguna dan tidak menimbulkan salah persepsi diantara kita :mrgreen:

Cara Memilih Kabel Audio Yang Baik.

Cara Memilih Kabel Audio Yang Baik
(Re-post Article Taken From http://simphonymusic.com)

RCA CABLES
Bagaimana memilih dan membeli kabel untuk komponen audio loe?
Tentunya kabel yang mahal pastilah yang bagus bukan?
Apakah semua kabel sama saja, dan tidak mempengaruhi kualitas audio/video?

Ada berbagai pendapat tentunya, namun seiring dengan semakin kritisnya audiophile dan canggihnya peralatan yang dijual saat ini. Ngga ada salahnya buat loe mengetahui cara yang terbaik dalam memilih kabel. Sehingga loe bisa memilih kabel yang tepat dalam hal kualitas maupun harga. Dan tentunya kabel yang loe beli dapat memaksimalkan hasil reproduksi gambar dan suara dan kelebihan budget dapat loe alokasikan untuk membeli perangkat, aksesori maupun menembah koleksi CD/DVD loe tentunya.

Dan idealnya sebuah kabel berfungsi sebagai penghantar gelombang listrik yang tidak boleh menambah atau mengurangi karakter sinyal yang di hantarkan. Tapi di dunia nyata nilai tambah dalam memilih kabel yang tepat tentunya selain sebagai penghubung dua komponen elektronik juga harus dapat menciptakan sinergi di antara dua komponen elektronik yang dihubungkan.
Kenapa ? Karena sampai saat ini manusia belum dapat menciptakan kabel yang ideal, sehingga loe boleh mengabaikan teori dunia ideal bahwa kabel yang baik adalah penghubung ideal yang tidak mengubah sinyal listrik yang dihantarkan.

“Nah gimana memilih kabel yang paling tepat dan sesuai untuk menghubungkan komponen-komponen yang loe miliki sehingga menghasilkan output cocok di telinga loe secara maksimal? ”

Berikut strategi ampuh untuk loe dalam memilih dan membeli kabel.

1. Analisa selera loe
Mulailah analisa apa yang loe inginkan. Gimana selera musik loe ? Bagaimana warna musik yang ingin loe dengar? manis? hangat? lembut? dinamik? natural? Suara vokal yang terkesan lebih maju? Sound Stage yang lebar? Trebel yang open? Terkadang istilah tersebut diatas dapat dengan mudah dipelintir misalnya treble yang open di istilahkan menjadi suara yang terang atau sound stage yang maju di istilahkan menjadi suara yang menyerang.

Untuk itu percayakan selera loe di tangan loe sendiri. Dan mulailah buat catatan singkat mulai dari daftar lagu kesayangan loe. misalnya: Loe ingin mendengar suara cello yang airy, woody dan tebal, Loe ingin mendapat sound stage live show dari sebuah Jazz Club dan seterusnya. Catatan loe ini disebut tabel selera dan harapan.

2. Analisa karakter komponen dan harmonisasikan dengan kabel loe
Ada beberapa pedoman sederhana untuk hal ini:
· Teliti spesikasi besaran output dan input komponen loe. Buatlah catatan singkat. catatan loe ini disebut tabel input-output.
· Dengar baik – baik karakter tiap komponen yang loe miliki dengan memakai kabel yang tersedia. Mulailah dari speaker. Buatlah catatan singkat. Catatan loe ini disebut tabel karakter komponen.
· Setelah itu buatlah tabel perubahan. Karakter CD: trebel kurang open > treble open dan halus dan seterusnya. Tabel ini loe sebut tabel perubahan.

3. Analisa ruang dengar loe dan harmonisasikan dengan kabel loe
Bagaimana dengan ruang dengar loe? Luas atau sempit? berakustik baik atau seadanya?
Pemasangan kabel: teratur atau tidak teratur? Apakah kabel yang loe pasang melewati medan listrik lain atau tidak dan yang tak kalah penting adalah posisi sound sistem dan posisi duduk loe serta panjang kabel yang dibutuhkan. Buatlah catatan singkat. Catatan loe ini disebut tabel ruang dengar.

4. Analisa spesifikasi kabel
Cobalah minta keterangan spesifikasi kabel yang loe taksir. Loe bisa mencari informasi di penjual kabel, di catalog produk , majalah audio atau di internet. Pada dasarnya ada empat hal yang mendasar yang perlu anda amati yaitu : Konduktor, geometri kabel, bahan dielektrik dan konstruksi dielektrik dan konektor.

OFC CABLE
Bahan Konduktor dan penampangnya
Konduktor sebagai media penghantar listrik memiliki peran yang besar dalam menentukan kualitas kabel.

Bahan konduktor yang sering dipakai untuk kabel audio dapat dijabarkan sebagi berikut: Tough Pitch Copper, Metal Alloy Conductor, Oxygen Free Copper/Silver, Silver plated OFC, Single Crystal Copper/Silver.

Umumnya penampang konduktor yang ada adalah sebagai berikut:
Penampang bundar, penampang persegi, penampang oval dan lainnya.

Geometri kabel:
4 GAUGE POWER CABLE
Geometri pada kabel berperan sebagai solusi mengatasi problem skin efek, bunching efek, medan elektromagnetik dan banyak lagi. Dalam kabel audio dikenal beberapa geometri kabel seperti: geometri bipolar, geometri litz, geometri balance, geometri anyaman tikar, geometri hyper litz, geometri kepang dan lainnya..

Bahan Dielektrik dan konstruksinya
Bahan Insulasi atau sering disebut dielektrik berfungsi sebagai pelindung konduktor, yang mempunyai beberapa fungsi seperti: menghalau sinyal radio frekuensi, mengurangi problem skin efek, isolasi tegangan.
Dielektrik yang sempurna adalah dielektik hampa udara, kemudian adalah dielektrik udara dan kemudian bahan dielekrik lain seperti: PVC, Plastic, FPE, PP, Teflon.
Konstruksi dielektrik juga beragam – ragam mulai dari kabel memakai kombinasi teflon dan gelembung udara, tiap lembar konduktor yang diisolasikan kemudian di pelintir baru kemudian di beri jaket dielektrik dan masih banyak lagi.

RCA PLUG
Konektor:
Konektor atau sering kita sebut jack, pin, spade dan banana sebagai ujung tombak kabel audio juga memegang peran yang penting. Semakin baik bahan konduktor dan konstruksi yang di gunakan konektor semakin baik pula tingkat efiensi transmisi sinyal audio loe. Pemasangan konektor harus rapat dan keras.

Pemahaman spesifikasi kabel dapat memaksimalkan budget vs performance dari kabel yang loe incar. Nah maka dari itu buatlah tabel spesifikasi kabel loe.

5. Analisa karakter kabel
Tentunya setiap kabel memiliki karakter masing – masing. Ada kabel yang berkarakter nada bass yang baik lemah dalam nada tinggi sehingga memberi kesan tumpul atau sebaliknya. Adapula kabel dengan karakter vocal yang manis tetapi memiliki detail yang kurang baik. Ada kabel yang dapat merespon musik dengan cepat tapi memiliki nada rendah yang kurang baik. Dan sebaiknya sebelum loe memutuskan untuk membeli kabel ada baiknya mencari informasi mengenai karakter kabel pada review – review kabel di majalah, internet dan sebagainya.

6. Analisa akhir
Setelah memiliki catatan tabel selera dan harapan, tabel input-output, tabel karakter komponen, tabel perubahan, tabel spesifikasi kabel, tabel karakter kabel. Kemudian teliti sekali lagi tabel – tabel tersebut. Dari situ loe dapat menarik kesimpulan akhir dengan bias yang mendekati nol.

Semoga dengan tabel catatan loe, dapat memudahkan loe dalam memilih dan membeli kabel yang cocok untuk loe. Cocok dari sisi harga, kualitas dan selera loe. Dan yang terpenting adalah loe terhindar dari problem salah memilih kabel seperti yang sering dialami oleh pembeli awam atau pemula.

Cara Install Car Audio

Apakah Anda ingin menyimpan uang dengan memasang sistem audio mobil sendiri Untuk memasang sistem audio mobil tidak terlalu sulit setelah semua dan Anda pasti bisa melakukannya. Melakukan instalasi audio mobil adalah suatu pengalaman yang sangat bermanfaat bagi Anda juga karena anda akan bisa belajar banyak dari itu. Setelah Anda mendapatkannya terinstal Anda akan merasakan kepuasan dari itu. Sekarang pergi dan mendapatkan sistem yang diinginkan.
Apa yang selanjutnya setelah Anda membeli sistem Ketika anda menginstal Anda harus sangat berhati-hati karena Anda tidak akan ingin merusak sistem mahal Anda. Sebagian besar sistem audio tidak-brainers untuk menginstal. Mereka memiliki soket berbentuk dan slot yang hanya akan cocok di mana ia seharusnya diinstal. Disarankan bagi anda untuk mengikuti instruksi manual dan lanjutkan metodis.
Sebelum instalasi anda harus menentukan jenis rig Anda akan dimasukkan ke mobil pertama Anda. Jika Anda seorang pemula dalam instalasi audio mobil disarankan bagi Anda untuk mulai dari sistem sederhana. Biarkan barang lebih rumit seperti instalasi LCD dan bagian bermotor untuk para profesional.
Salah satu hal yang paling mudah untuk menginstal adalah kepala unit. Kebanyakan kepala unit mengikuti ukuran standar. Untuk sebagian besar mobil setelah radio pabrik dihapus radio aftermarket akan cocok di dalam lubang. Namun beberapa mobil mungkin memiliki lubang yang terlalu besar dan dalam hal ini Anda akan memerlukan kit untuk menginstalnya. Untuk mendapatkan kit yang dibutuhkan untuk instalasi anda dapat mengunjungi setiap toko audio mobil di kota Anda.
Sekarang mari kita bicara tentang speaker. Speaker instalasi sangat penting untuk sistem audio mobil anda. Jika speaker tidak diinstal dengan benar suara tidak akan sampai dengan nominal. Dalam instalasi sistem yang sederhana Anda kemungkinan besar menggunakan speaker yang sesuai dengan benar ke dalam lokasi pabrik. Pastikan saja bahwa tidak ada celah atau lubang. Salah satu tip untuk mendapatkan suara yang lebih baik adalah untuk membangun sebuah penyekat kayu atau fiberglass untuk mengurangi lubang. Tapi hati-hati ketika menggunakan alat-alat listrik di lingkungan penutur dan jaminan biasanya tidak menutup lubang di speaker. Lakukan cek dengan penjual audio mobil Anda sebelum membeli apapun. Jika speaker Anda tidak bisa masuk ke lokasi perlu logam untuk dipotong. Hal ini sangat dianjurkan bagi Anda untuk meninggalkan ini untuk para profesional untuk menghemat Anda beberapa masalah.
Terakhir setelah anda berhasil menginstal stereo mobil Anda Anda perlu memastikan bahwa hal itu dapat disiapkan dengan getaran dan sumber kebisingan lainnya. Ada produk pemeriksaan suara yang sangat baik di pasar yang dapat membantu mengurangi kebisingan sangat.