#under_header{ float:left; width:100%; } #under_header1{ float:left; width:25%; } #under_header2{ float:left; width:25%; } #under_header3{ float:left; width:25%; } #under_header4{ float:right; width:25%; }

Senin, 06 Agustus 2012

Buat sendiri Stop Lamp Led (Honda CS1)

Semoga sedulur semua selalu dalam Lindungan-Nya.  Beberapa waktu lalu, untuk mempercantik tunggangan saya memasang Stop Lamp Led yang saya dapat dengan membeli jadi alias tinggal pasang.  Seiring berjalannya waktu, dengan penggunaan sehari-hari, 7 dari 21 lampu mati.  Endingnya awal bulan kemarin mati semua, setelah cek ternyata kabelnya putus, saat memperbaiki kabel sekalian buka semua untuk mengecek kenapa ke 7 lampu mati, padahal untuk lampu led biasanya lifetimenya lama.  Ternyata ada beberapa kaki komponen & solderan patah. Karena malas memperbaiki timbul ide kenapa tidak bikin sendiri lagi saja :idea: .

Yup, konsepnya ingin seperti pada mobil (pernah lihat di jazz kalau tidak salah). Ada dua jalur lampu, saat standby bagian bawah menyala, dan saat rem bagian bawah dan bagian atas menyala (menyala semua).  Komponen yang saya Gunakan Cukup murah meriah, yaitu :
1. Lampu Led 30 buah @ Rp. 500,-
2. Resistor 330 Ohm 6 buah @ Rp. 100 ,-
2. PCB Matrix 1 Buah @ Rp. 2000,-
3. Kabel 3 Warna 1 meter @ Rp. 2000,-
4. Tenol 1 meter @ Rp. 2000 ,-
5. Solder Pinjaman @ Rp. 0 ,- :mrgreen:
Total : Rp. 21.600,- tapi mungkin untuk setiap daerah atau toko harga bisa berbeda-beda.
Untuk rangkaiannya saya buat seperti ini.

Untuk Jalur Rem & negatif (-) bisa diambilkan dari kabel stop Lamp standarnya, dan untuk jalur stand by saya mengambil dari saklar rem belakang, yang posisinya ada di dekat pijakan rem belakang.  Saya menggunakan masing-masing 2 buah resistor untuk di jalur rem & standby, karena awalnya perhitungan saya cukup 1 buah resistor 330 Ohm saja, ternyata nyalanya terang sekali :oops: , jadi saya tambahkan 1 resistor lagi, dengan tujuan tidak overload voltasenya supaya lifetime lebih lama. (ndak punya multitester jadi pakai felling saja :mrgreen: )

Design By sijidewe.wordpress.com
Mohon maaf untuk saat proses pembuatan saya lupa mengambil fotonya, karena saat itu hanya nyambi / sampingan di saat momong si kecil :D , dan hasilnya seperti ini.
Status : Stand By
Status : Lampu Rem menyala
Buat sedulur yang mau nyoba silahkan, design bisa sesuai selera masing-masing.
Selamat berkreatifitas. :D

1 komentar:

buto_ijo_19 mengatakan...

mas..led nya ukuran berapa ohm?

Posting Komentar